Memilih Tempat Gathering yang cocok untuk acara kantor?

Tempat Gathering

Memilih Tempat Gathering yang cocok untuk acara kantor?

800 531

DutaAdventure.com РMeskipun sering dijadikan pilihan pelesir, ternyata masih banyak orang yang belum tahu perbedaan antara outing, outbound, dan gathering. Banyak perusahaan membuat acara berkumpul bersama karyawan untuk memenuhi kebutuhan rekreasi, tetapi salah menyebutkan nama acaranya. Berbeda tujuannya, nama acara kumpul ini juga berbeda. Jangan sampai bikin acara dalam rangka membangun team building tapi salah menyebutkan jenis acaranya. Salah sebut bisa-bisa disiapkan tempat dan acara yang keliru juga, rencananya mau memperkuat visi kantor malah cuma bakar-bakar jagung. Kita simak yuk perbedaan antara outing, outbound, dan gathering.

Memilih Tempat Gathering, Outing, atau Outbound. Mana yang cocok untuk acara kantor kamu?

  1. Outing

Outing diartikan sebagai rekreasi bersama, berkumpul bersama karyawan dan keluarga di luar kantor dalam rangka liburan. Biasanya acara ini dilaksanakan dalam rangka relaksasi, mendekatkan diri dengan karyawan lain, pelepas stres, dan penyegaran. Sesuai namanya, outing dilakukan di luar ruangan seperti tempat wisata. Banyak tempat outing tersedia terutama di kota-kota rekreasi seperti Bogor.

Tempat Gathering

 

Acara outing biasanya berisi permainan ringan di tempat terbuka dan makan bersama untuk membangun suasana kekeluargaan. Outing juga bisa dilakukan di tempat rekreasi yang menyediakan sarana bermain yang bisa dilakukan bersama-sama, seperti yang tersedia di pilihan program rekreasi Duta adventure.

  1. Outbound

Seperti outing, outbond dilakukan di luar kantor. Perbedaannya, outbound tidak ditujukan untuk sekedar pelesiran. Acara luar ruangan ini memiliki misi khusus yang berhubungan dengan pengembangan diri pesertanya. Outbound berisi acara yang bersifat edukatif, memberikan inspirasi, atau motivasi, sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam program.

Tujuan yang bisa dicapai melalui Outbound:

  • Mengetahui dan memahami adanya individual differences yaitu tiap individu adalah unik.
  • Mampu melakukan penilaian pada diri sendiri self assessment bahwa kekuatan diri ada pada tangan dan pilihan kita.
  • Meningkatkan kepekaan self awareness terhadap orang lain.
  • Meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian mengambil risiko, risk taking behavior.
  • Meningkatkan keterampilan komunikasi.
  • Mampu membuat perencanaan dengan pertimbangan risiko dan konsekuensinya.
  • Mampu membentuk tim yang efektif / kekompakan.
  • Meningkatkan kemampuan kepemimpinan.
  • Menumbuhkan sikap kesatria dan sportif.

Program outbound sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu fun outbound dan outbound training. Fun outbound bersifat soft game, biasanya program ini untuk menyesuaikan dengan peserta outbound. Pada program ini tidak menggunakan tantangan fisik yang terlalu berat seperti yang tersedia di tempat outbound yang menyediakan program team building. Program yang kedua adalah outbound training yang bersifat petualangan atau menggunakan tantangan fisik yang cukup berat seperti pada program army camp. Pada program ini biasanya dibutuhkan persiapan fisik dan didampingi oleh pendamping terlatih yang disediakan dari tempat outbound. Pada kedua program tersebut disisipkan tantangan yang tujuannya menanamkan nilai-nilai tertentu. Penanaman nilai itulah visi utama dari program outbound.

  1. Gathering
BACA JUGA:  4 Kebutuhan Tim Kerja Ini Harus Dipenuhi di Tempat Outing

Gathering hampir mirip dengan outing. Keduanya sama-sama dilakukan untuk berkumpul dan melakukan kegiatan pelesir, tetapi peserta dan tujuannya berbeda. Bila peserta outing hanya terdiri dari karyawan dan keluarga saja, gathering mengumpulkan lapisan lain seperti kolega atau rekanan. Misalnya sebuah perusahaan membutuhkan aktivitas penyegaran dan mengundang pihak-pihak dari luar yang ikut memajukan perusahaan, maka yang dilakukan adalah gathering.

Tempat gathering bisa dilakukan di tempat terbuka. Biasanya tema kegiatan ini dominan bersifat hiburan, seperti berkumpul di lokasi wisata ditambah hiburan musik, permainan, dan kegiatan lain yang memberikan efek menyegarkan dan menggembirakan seperti yang tersedia di program gathering.

Selain kolega, kegiatan ini juga bisa mengikutsertakan pelanggan (customer gathering) di tempat gathering dalam rangka memberikan apresiasi terhadap pelanggan setia. Selain itu juga bisa dijadikan ajang promosi penjualan dan pengenalan produk baru. Juga dapat menjadi momen yang tepat untuk memberikan informasi perkembangan perusahaan.

Sudah jelas kan dengan perbedaan gathering, outing, dan outbound? Jadi mana yang cocok untuk kebutuhan kantormu? Ketiganya bisa dilakukan dengan Tim DUTA adventure. Cek halaman website Duta Adventure untuk kelengkapannya.